http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Kereta LRT Tiba di Cibubur, Menhub: Bakal Diuji Coba 1 Bulan

Jakarta - Satu rangkaian kereta LRT Jabodebek sudah tiba di Jakarta dan sedang dalam proses pengangkatan ke lintasan rel. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, uji coba LRT Jabodebek membutuhkan waktu selama satu bulan. Uji coba tersebut akan dilakukan pada 28 Oktober hingga 28 November 2019.

"Kira-kira (uji coba) satu bulan, dari 28 Oktober sampai 28 November," kata Budi Karya di Lampung, Sabtu (12/10/2019).

Budi Karya menyebutkan, satu rangkaian LRT yang baru datang tersebut akan diuji coba dengan rute Cibubur-Cawanng.

"Sejauh ini kan masih Cibubur sampai Cawang saja yang sudah selesai. Jadi satu trainset," ujarnya.

Budi Karya mengungkapkan, secara keseluruhan akan ada 31 rangkaian kereta untuk LRT Jabodebek. Adapun pengirimannya masih akan terus dilakukan, mengingat masih ada 30 rangkaian kereta lagi yang belum dikirim dari pabrik PT INKA (Persero) di Madiun.

"Ya nanti kita bawa lagi train set yang lain, kan kereta itu rodanya harus diuji coba juga . Waktu pas datang harus diuji, karena kita kan punya 31 trainset. Mesti kita uji coba satu-satu, jadi kalau nanti ada rodanya yang itu bisa diganti dan diproses," jelas Budi Karya.


Menurutnya, uji coba seluruh rangkaian LRT Jabodebek memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Bahkan, ia menyinggung MRT saja membutuhkan waktu uji coba selama satu tahun.

"Uji coba itu memang panjang, seperti MRT kan lama bisa satu tahun itu uji coba," imbuh dia.

Kemudian, General Manager Sekretaris Perusahaan PT INKA (Persero) Puguh Dwi Tjahjono mengatakan, pihaknya menunggu kesiapan semua stakeholder sebelum melakukan uji coba.

"Kami menunggu kondisi, jika dikatakan siap kami akan uji coba. Kalau sudah selesai sarana pra sarana kami akan uji coba," ujar Puguh kepada detikcom.


Selain itu, pihaknya juga menunggu perintah untuk mengirimkan sisa rangkaian kereta yang akan dioperasikan untuk LRT Jabodebek.

"Kita tunggu perintah pengiriman dari lokasi. Kami belum rencanakan, kalau sarana kan sudah siap. Nanti begitu ada perintah kami kirim," tutupnya.

Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)



Sumber: Detik.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...