http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

6 Fakta di Balik Pendaftaran CPNS Banyak Keluhan

JAKARTA - Pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah resmi dibuka hari ini. Hal ini menyusul ditandatanganinya surat pengumuman pendaftaran CPNS 2019 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.

 Baca Juga: Seleksi CPNS, 2 Instansi Ini Paling Banjir Keluhan

Dengan demikian, persiapan matang harus disajikan oleh pihak penyelenggara. Pada rekrutmen kali ini, Menteri Tjahjo mengumumkan bahwa akan dibuka pada 68 kementerian/lembaga dan 462 pemerintah daerah (menjadi 461 pemda setelah pemda Bangli mengundurkan diri). Adapun total jumlah alokasi formasi sebanyak 37.425 untuk instansi pemerintah pusat dan 114.861 untuk instansi pemerintah daerah.

Namun, pada pelaksanaan CPNS tahun lalu, terdapat banyak keluhan, mulai dari persyaratan hingga jadwal yang molor. Untuk itu Ombudsman, beserta Kemenpan RB dan Kemendikbud berusaha membenahi beberapa kesalahan yang terjadi pada perekrutan CPNS tahun 2018.

 Baca Juga: Ombudsman soal Seleksi CPNS 2019, Jika Tak Siap Batalkan Saja

Selain itu, Laode juga memaparkan beberapa masalah umum yang menjadi hasil pantauan tim Ombudsman pada pelaksanaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. "Banyak dikeluhkan tahun lalu adalah persyaratan-persyaratan itu, sering kali persyaratan itu menjebak, bahkan menghilangkan hak mereka," ucap Laode.

Dirangkum dari Okezone, Senin (11/11/2019), berikut beberapa fakta menarik soal pihak penyelenggara yang harus belajar dari kesalahan pelaksanaan CPNS tahun lalu.

1. Pelaksanaan CPNS Kemenkumham dan Jakarta Paling Banyak Dapat Pengaduan

Anggota Ombudsman Laode Ida mengatakan bahwa tahun lalu terdapat instansi yang paling banyak pengaduan, salah satunya adalah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dan instansi daerah yaitu DKI Jakarta.

"Kementerian yang teradu paling banyak Kemenkumham tahun lalu, ada datanya di kami, dan saya kira kalau daerah yang paling banyak DKI Jakarta," ujar Laode.

CPNS



Sumber: okezone.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...