http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Ciputra, Sosok di Balik Pembangunan Jakarta

Jakarta, CNBC Indonesia- Tokoh senior properti, Dr (HC) Ir. Ciputra meninggal dunia di usia ke-88 pada 27 November 2019 pukul 1:05 waktu Singapura. Kiprahnya dalam dunia properti tidak perlu diragukan lagi.

Hal ini diakui oleh Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Industri Johnny Darmawan. Dia bahkan menyebut begitu Metropolitannya Jakarta karena banyaknya campur tangan Chairman dan Founder Ciputra Group tersebut.

"Jakarta berkembang karena Properti. Perkembangan properti di jakarta salah satunya karena pak Ci. Pergerakan Jakarta maju karena Ciputra," katanya di The Tribrata, Jakarta Rabu (27/11/2019).


Johnny juga tidak ragu Ciputra perlu diapresiasi karena mengembangkan Jakarta begitu cepatnya. Jika tidak, bisa jadi perkembangan Jakarta tidak secepat hingga saat ini. "Istilahnya dulu itu Jakarta adalah jin pembuangan anak. kalo gak, kita liat seperti Kebayoran ini, Ancol itu kan hasil karya beliau," sebutnya.

Hubungan Kadin dengan Ciputra disebut Johnny juga terbilang dekat. Johnny menyebut saat awal Kadin berdiri ada campur tangan Ciputra. "Mungkin Dulu ciputra masuk kadin pertama kali. saya belum apa-apa gitu kan. Salah satu menantunya (Budiarsa Sastrawinata) juga member di Kadin," papar mantan Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor itu.

Meski merasa kehilangan, namun industri properti yang menjadi warisannya tetap bisa berjalan. Apalagi, berbagai projek besar sudah digarap Ciputra di Jakarta dan bernagai daerah. "Kita kehilangan 1 tokoh tapi ga bisa lawan alam. Umur juga. Paling penting hargai beliau sbg penemu penggagas buat jakarta bagus," kata Johnny.


Dr. (HC) Ir. Ciputra mendirikan perusahaan dengan nama PT Citra Habitat Indonesia dan pada tahun 1990 mengubah nama perusahaan menjadi PT Ciputra Development, yang kemudian dikenal sebagai salah satu perusahaan properti terdepan dan paling terdiversifikasi di Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)



Sumber: CNBCIndonesia.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...