http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Dahlan: Rudiantara jadi Bos PLN Bukan Turun Kelas!

Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan buka suara mengenai pencalonan Rudiantara sebagai Direktur Utama (Dirut) PT PLN (Persero). Dia menyebut, dari menteri beralih ke Dirut PLN bukanlah turun kelas.

"PLN memang di bawah menteri. Secara struktur. Demikian juga Pertamina. Tapi dirut dua BUMN tersebut bisa dibilang tidak kalah kelas dengan menteri," kata Dahlan Iskan dalam tulisannya dalam laman Disway.id, Rabu (27/11/2019).


Untuk mengukur hal tersebut, Dahlan bilang perlu melihat terlebih dahulu kelas kementerian dan perusahaan BUMN-nya. Dia menegaskan bahwa banyak kementerian yang anggaran jauh di bawah PLN atau Pertamina.

Dahlan sampai memberikan ilustrasi pengalamannya sendiri ketika diangkat jadi Menteri BUMN. Kala itu, Dahlan lebih dulu menjadi Dirut PLN sebelum masuk kabinet.


"Saya yang justru pernah turun pangkat. Saat dipindahkan dari jabatan Dirut PLN menjadi Menteri BUMN," tandasnya.

Dia menambahkan, pengakuan turun pangkat ini lantaran perbedaan gaji yang diperoleh. Dirut PLN gajinya Rp 170 juta/bulan. Sedangkan Menteri BUMN gajinya Rp 19 juta/bulan.

"Untung penurunan itu tidak terasa --saya tidak pernah melihat keduanya. Dari segi ini, siapa bilang Pak Rudiantara turun pangkat," lanjutnya.

Belum lagi, PLN punya banyak proyek dengan nilai fantastis. Proyek-proyek tersebut bisa jadi sebelumnya tidak sebanding dengan yang ada di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Terlalu banyak proyek di PLN. Terlalu besar-besar nilai proyeknya. Anggaran di PLN jauh lebih besar dari kementerian Kominfo. Dari segi anggaran Rudiantara jelas naik pangkat," urai Dahlan. (hps/hps)



Sumber: CNBCIndonesia.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...