http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Fakta Menarik Hasil Investigasi Blackout, PLN Lalai hingga 4 Kementerian Ikut Terseret

JAKARTA - Pada awal Agustus 2019, blackout atau fenomena di mana listrik padam terjadi secara serentak. Kala itu, kejadian blackout ini melanda area Jabodetabek, Banten, hingga Jawa Barat.

Rupanya, kejadian yang merugikan masyarakat tersebut merupakan kelalaian PT PLN (Persero). Hal ini ditemukan oleh Ombudsman.

Pasalnya, beberapa waktu lalu Ombudsman membeberkan hasil temuan faktor penyebab pemadaman listrik total (blackout) yang terjadi di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

 Baca Juga: Hasil Investigasi Blackout, PLN Dinyatakan Lalai

Anggota Ombudsman Laode Ida mengatakan bahwa dari hasil investigasi dilakukannya, ditemukan adanya maladminitrasi atau kelalaian yang dilakukan oleh (PLN).

"PLN tidak optimal dalam proses antispasi terjadinya blackout," ungkap dia.

Tidak hanya merugikan masyarakat, ternyata kejadian ini juga merembet ke beberapa kementerian, di antaranya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

 Baca Juga: Plt Dirut PLN: Kejadian Blackout Jadi Pelajaran Kami

Dirangkum dari Okezone, Senin (11/11/2019), berikut beberapa fakta seputar kelalaian PLN dalam kasus blackout hingga membuat Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, dan kementerian lainnya harus bekerja ekstra.

 

1. Tidak Melakukan Pengawasan

Anggota Ombudsman Laode Ida menyatakan kalau PLN gagal melakukan pengawasan terhadap pohon yang berada di jalur transmisi. Pasalnya, pohon sengon menjadi salah satu faktor utama kenapa blackout bisa terjadi.

"PLN melakukan kelalaian dalam pemeliharaan dan pengawasan terhadap pohon yang telah melewati jarak bebas minimum di sepanjang jalur transmisi," ujar dia saat konferensi pers di Kantornya, Jakarta.

 Blackout



Sumber: okezone.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...