http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Tutup Usia, Ini Perjalanan Karier Ciputra

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ciputra meninggal dunia, di Rumah Sakit Gleneagles, pada Rabu (27/11), pukul 01.05 waktu Singapura.

Pendiri Ciputra Group ini lahir di Parigi, Sulawesi Tengah pada 24 Agustus 1931. Ia menghabiskan masa kecilnya di Manado dengan bersekolah di Frater Don Bosco.

Ciputra kemudian melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sebelum lulus, tepatnya pada tingkat empat, bersama Budi Brasali dan Ismail Sofyan, Ciputra mencoba mendirikan usaha konsultan arsitektur bangunan yang berkantor di sebuah garasi.

Setelah meraih gelar insinyur pada tahun 1960, Ciputra mencoba peruntungan dengan datang ke Jakarta. Ia pun mengawali kariernya di Jaya Group, perusahaan daerah milik Pemda DKI.

Di Jaya Group ia bekerja hingga menjabat sebagai direksi dan setelah itu didapuk sebagai penasihat.

Ciputra kemudian mendirikan Metropolitan Group bersama Sudono Salim, Sudwikatmono, Budi Brasali dan Ibrahim Risjad, sebelum akhirnya mendirikan grup perusahaan keluarga, Ciputra Group.

Tidak hanya fokus mengembangkan bisnis propertinya, Ciputra ikut mengembangkan dunia pendidikan dengan mendirikan sekolah dan Universitas Ciputra.

Kesuksesan Ciputra pernah tercatat dalam Forbes pada 2011. Ia masuk daftar orang terkaya di Indonesia peringkat ke-27 dengan total kekayaan mencapai 1,2 miliar dollar AS.

Bukan hanya itu, kiprahnya ini juga pernah diapresiasi MURI dengan memberikan dua rekor. Yakni sebagai wirausahawan peraih penghargaan terbanyak di berbagai bidang dan penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan kepada dosen terbanyak.

Diberitakan sebelumnya, pendiri Ciputra Group, Ciputra, meninggal dunia di usia 88 tahun di Rumah Sakit Gleneagles, Rabu (27/11) pada pukul 01.05 waktu Singapura.

Info awal bahwa jenazah akan tiba di Jakarta pada Jumat (29/11). Sedangkan pemakaman rencananya akan dilakukan pada Rabu (4/12) atau Kamis (5/12) pekan depan.

Adapun pemakaman pengusaha yang terkenal dengan bisnis propertinya ini akan dilaksanakan di Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

(zul/pojoksatu)



Sumber: Pojok Satu

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...